Dare To Be Different: Top 3 Anime with Unique Style

Dare To Be Different: Top 3 Anime with Unique Style

Jacqueline Vienna Y.

Banyak dari kita berkembang dan tumbuh bersama Anime. Temasuk prinsip hidup dan ideologi yang mempengaruhi hidup kita pun banyak yang berasal dari Anime. Beberapa Anime terkenal yang pernah mengisi masa kecil kita antara lain Yu Yu Hakusho, Inuyasha, Minky Momo, Candy candy, Pretty Cure dan masih banyak lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman, Anime-anime baru pun semakin banyak bermunculan. Banyak juga Anime yang memberikan pesan moral untuk memupuk pola pikir dan idealisme baik di masyarakat. Berikut adalah tiga anime dengan style unik dan pembelajaran berharga pilihan kami yang dapat menjadi referensi bagus bagi kita semua:

  1. Promare

Promare merupakan sebuah OVA (original video animation) yang terbit tanggal 24 Mei 2019 dari studio Trigger yang juga telah menerbitkan Gurren Lagann. Anime ini ber-genre action, sci-fi yang berdurasi sekitar 1 jam 51 menit. Promare sendiri bercerita mengenai sebuah negara Bernama Promepolis yang berkembang berkat upaya luar biasa dari pemimpin mereka, Kray Foresight, melawan Burnish, ras mutan baru pengguna api yang menghancurkan sebagian besar umat manusia. Burnish ini terus muncul secara acak, meninggalkan jejak kematian dan kehancuran di belakangnya. Sehingga dibentuklah sebuah tim pemadam kebakaran yang dikenal sebagai Burning Rescue ditugaskan untuk menghentikan monster-monster mengerikan ini. Salah satu anggotanya yang Bernama Galo Thymos adalah seorang pemuda yang energik, yang menganggap Foresight sebagai pahlawannya karena telah menyelamatkan hidupnya. Suatu hari Galo bertemu dengan pemimpin Burnish yang bernama Lio Fotia, dan dari pertemuan inilah akhirnya masa depan dan takdir Galo dan teamnya berubah.

Keunikan anime ini bisa dilihat dari color palette yang dipakai. Warna yang di terapkan dalam Anime ini sungguh tidak biasa dan sengat eye-catchy. Berbeda dari gradasi warna anime pada umumnya yang cenderung lebih ke realis, anime ini justru menekankan segi artistic dan aspek geometrical secara next level. Beberapa pelajaran yang bisa kita dapatkan antara lain:

  • Jangan menilai buku dari covernya

Banyak sekali plot twist yang ada di film ini. Diantara lain karakter-karakter yang kepribadian luarnya 180’ berbeda dari sifat aslinya. Seperti serigala berbulu domba, mereka bisa jadi karakter protagonist yang menyamar sebagai karakter antagonis dan juga karakter antagonis yang ternyata memiliki sifat baik dan justru mempunyai tujuan yang mulia. Jadi, semua yang ada di dunia Promare ternyata tidak seperti yang kita kira selama ini.

  • Pantang menyerah meski jatuh berkali-kali

Dalam kisah Promare, Galo dan Lio sempat dikalahkan berkali-kali oleh Kray. Tak peduli secanggih apa pun teknologi yang Galo gunakan dan seberapa besar kekuatan Lio, mereka tetap gagal. Namun, karena kegigihan mereka, akhirnya mereka pun menemukan sebuah jalan dan juga dukungan dari pihak penting, sehingga pada akhirnya mereka bisa maju untuk mengalahkan Kray dan menyelamatkan Promare.

  • Kerjasama itu penting untuk menyukseskan sesuatu, walaupun partner yang ada bukan teman kita

Di Promare, karena banyak orang baik yang ternyata berkhianat, maka musuh lah yang malah menjadi teman kita. Lio dan Galo sama-sama berjuang untuk menyelamatkan para Burnish yang dikorbankan untuk memberangkatkan para elite global ke planet lain melalui kapal luar angkasa rancangan Kray. Di sini, Galo yang baru saja mengetahui jati diri sebenarnya Kray merasa sangat terpukul dan harus mempercayai Lio yang ternyata selama ini menyatakan kebenaran. Dari sini kita harus belajar untuk objektif terhadap masalah yang kita hadapi. Bekerja sama dengan orang lain, meski orang itu belum tentu kita sukai demi tujuan yang lebih besar. Karena yang terpenting adalah mencapai goals yang diinginkan, mengedepankan otak ketimbang emosi hati.

  1. Spy X Family

Fresh from the oven! Anime Spy X Family ini baru saja terbit tanggal 9 April 2022 kemarin dengan membondong Bandai sebagai production house-nya. Saat pertama kali rilis, hype-nya pun tidak main-main. Sudah banyak anime lovers yang menantikan kedatangan anime ini, sehingga mention namanya pun membludak di sosial media, terutama Twitter dan Instagram. Banyak sekali orang yang bahkan sudah membuat fan art dari Anime ini, meski saat artikel ini di tulis Spy X Family baru berjalan 2 episode.

Secara garis besar Spy X Family bercerita tentang satu keluarga yang berprofesi sebagai mata-mata. Loid Forger a.k.a agen Twilight adalah mata-mata terhebat negara Westalis. Ia mendapatkan misi sulit untuk menyusup ke sekolah swasta elit. Untuk menyamarkan identitas, Loid mengadopsi seorang putri yatim piatu dan menikah dengan seorang karyawan kantoran. Namun, siapa sangka ternyata putrinya, Anya adalah seorang cenayang .n dan istrinya, Yor adalah seorang pembunuh profesional. Ketiganya belajar hidup berkeluarga sambil menjalankan tugasnya sebagai Twilight dan menjaga perdamaian dunia.

Keunikan dari anime yang satu ini terletak pada cerita yang diangkat. Sekarang ini sudah banyak anime yang bercerita tentang kehidupan mata-mata. Namun kali ini tema cerita yang di angkat pun berkaitan juga dengan kehangatan keluarga dan kebersamaan yang tinggi. Sehingga menjadi nilai jual yang cukup unik, ditambah dengan design karakternya yang tidak biasa. Anime ini pun di proyeksikan akan menjadi salah satu anime dengan high demand tertinggi di tahun 2022. Moral cerita yang kita dapatkan dari anime ini:

  • Seseorang bisa bersatu demi ambisinya meski latar belakangnya besebrangan

Dalam kisah Spy X Family, Loid membutuhkan seorang anak untuk bisa menjalankan misi barunya. Karena itu ia mengadopsi Anya yang ada di panti asuhan. Anya sendiri memiliki latar belakang rumit sebagai test subject yang menjadikannya seorang cenayang. Begitu juga istrinya, Yor yang memiliki latar belakang sebagai pembunuh bayaran. Mereka bertiga memiliki tujuan yang bersifat mutualisme, Anya yang ingin mewujudkan impian hidup sebagai mata-mata karena menonton tv, Yor sebagai “karyawan biasa” yang ingin memiliki pasangan di sisi lain juga ingin lanjut menjadi pembunuh bayaran dan Loid yang ingin menuntaskan misinya. Ambisi mereka inilah yang menyatukan mereka, meski baru bertemu dalam waktu singkat, ketiganya sepakat untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain guna mewujudkan ambisinya yang selaras.

  • Akan selalu ada pengorbanan demi kesuksesan

Pada cerita ini, mirip seperti formula anime pada umumnya. Setiap karakternya memiliki pekerjaan yang cukup rumit, membutuhkan ketelatenan serta skill yang mumpuni untuk menyukseskan segala misi yang diterima. Loid sebagai mata-mata bertugas untuk mengumpulkan data rahasia yang diminta, Yor sebagai pembunuh bayaran harus cekatan dalam menghabisi setiap targetnya dan Anya sebagai cenayang yang menjadi subjek penelitian dan harus menjaga rahasia kemampuan aslinya itu. Kesuksesan ketiga pekerjaan ini tentunya tidak diraih secara Cuma-cuma. Anya harus menjadi korban kekejian dokter yang mengambil kebebasan dan masa kecilnya, Loid yang menderita sejak kecil tanpa orang tua dan harus berjuang demi hidupnya sendiri, Yor yang mengorbankan kehidupan sosialnya untuk menuntaskan pekerjaannya sebagai pembunuh. Dari kisah ini, kita dapat memetik pembelajaran kalau sebuah kesuksesan membutuhkan usaha yang sangat besar dan tidak sedikit hal normal di hidup kita yang harus dikorbankan.

  1. Psycho Pass

Anime yang satu ini pun merupakan anime sci-fi yang cukup anti-maintream. Dengan nuansa cyberpunk futuristic yang diangkat, Psycho-pass menjadi salah satu anime yang cukup nge-trend di tahun 2012 hingga 2019. Genre yang diangkap pun bertemakan action, mystery, thriller, psychological dan Sci-Fi.

Cerita Psycho-pass berlangsung di masa depan, di dunia yang sudah terlampau canggih di mana kita bisa secara praktis mengukur dan menilai kepribadian dan pikiran seorang individu yang standarnya disebut sebagai “psycho-pass”. Informasi akan direkam dan diproses untuk menilai kewarasan seseorang dan mendeteksi para criminal dengan lebih mudah. Dengan adanya keberadaan psycho-pass ini, ditugaskanlah suatu unit polisi khusus yang memiliki misi untuk memberantas para psikopat genius yang bersembunyi di balik standar psycho-pass. Shinya Kougami sang “Petugas Pelaksana” merupakan salah satu detektif utama yang menangani kriminalitas ini di berbagai belahan dunia.

Nilai jual dari anime ini seperti yang telah disebut pada paragraph pertama, yaitu nuansa futuristicnya yang mengangkat cerita detektif dengan konsep psikologikal. Membuat para penonton yang suka dengan cerita detektif untuk memutar otak dan memberi gambaran mengenai apa yang akan terjadi apabila dunia kita sekarang ini memiliki system seperti ini. Secara garis besar, Psycho-pass berhasil membawa pasarnya dari yang tadinya niche menjadi suatu trend massive yang mengumpulkan orang-orang baru yang sebelumnya mungkin belum tentu suka dengan cerita detektif. Kemudian dengan tambahan bumbu-bumbu baru sci-fi yang disajikan dalam anime-nya. Beberapa sisi baik yang dapat kita ambil dari anime ini antara lain:

  • Bertindak dengan kepala dingin

Dalam kebanyakan cerita detektif, kita di tuntut untuk menyelesaikan kasus tidak hanya di balik meja, tapi juga di lapangan. Di mana kita harus menghadapi berbagai jenis orang dan juga penjahat yang bisa jadi lebih pintar dari kita. Karena itu, sangat penting untuk menjaga emosi agar tidak kalut. Berfokus pada objektif dan logika untuk menjaga kestabilan diri sangatlah penting. Begitu pula di kehidupan sehari-hari, orang yang cepat emosi akan cendrung menghadapi berbagai masalah yang sebenarnya tidak perlu di permasalahkan ketimbang orang yang berpikir secara logis. Karena itu, berpikir dengan kepala dingin di situasi yang rumit akan sangat di butuhkan untuk membuat keputusan yang benar. Emitional Intelligence sangat penting perannya dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya dari segi kecerdasan akademis saja yang bisa dipertimbangkan.

  • Pandangan seseorang terhadap dirinya akan mempengaruhi kecerdasannya

Dalam anime Psycho-pass 1, antagonis utamanya yang Bernama Shougo Makishima di gambarkan memiliki karakter yang terlihat santai, dingin dan juga sangat logis dalam memperhitungkan pergerakannya. Salah satu kunci utama mengapa ia tidak bisa tertangkap oleh radar psycho-pass adalah karena ia menganggap membunuh seseorang bukanlah hal yang salah. Dengan kata lain, ia tidak merasakan pergolakan emosi saat membunuh orang lain. Hal itu pula yang menjadikannya sebagai penjahat yang sangat berbahaya karena kehebatannya dalam mengatur emosinya dan tidak adanya keraguan dalam melakukan sesuatu.

Dari kasus ini, ada sisi positif yang dapat kita pelajari. Kita tidak perlu (dan tentunya sangat tidak disarankan) untuk menjadi penjahat seperti Makisima. Tetapi cara ia mengendalikan emosinya dapat menjadi contoh bagi kita yang ingin membenahi diri. Pengendalian emosi yang baik pun dapat mengantarkan kita pada kesuksesan yang lebih besar. Selain dapat menjalin koneksi yang baik dengan teman dan sanak keluarga, kita pun dapat lebih baik dalam mengelola strategi dan juga Langkah-langkah untuk membangun bisnis kita lebih baik lagi.

Sekian pembahasan mengenail moral of the story yang bisa kita dapat dari 3 anime unik yang dapat berguna dalam hidup kita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mendapatkan insight lebih banyak dari perspektif yang berbeda-beda. Terima kasih telah membaca! ^^